Menulis Artikel Blog Secara Offline Menggunakan Open Live Writer

Blog yang baik dan benar adalah blog yang berisi artikel-artikel yang bagus dan menarik. artikel-artikel inilah yang nantinya akan menjadi daya tarik bagi blog yang pembaca miliki. Untuk membuat sebuah artikel, pembaca dapat menulis artikel di situs blogger.com yang telah disediakan. Namun, pada saat menulis artikel di situs tersebut, pembaca mau tidak mau harus selalu dalam keadaan koneksi sedang terhubung (online). Hal ini tentu menjadi kesulitan tersendiri bagi para pembaca yang memiliki koneksi serta kuota terbatas. Naaah, untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa software yang dapat digunakan untuk menulis artikel blog secara offline. Salah satu software tersebut bernama Open Live Writer. 

Open Live Writer adalah sebuah aplikasi open source yang  memungkinkan pengguna untuk menulis, mengedit, serta mempublikasikan postingan blog. pengguna dapat menulis artikel secara offline. menambah photo dan video, yang kemudian dapat di publikasikan ke website pengguna. Open Live Writer dapat bekerja dengan berbagai macam penyedia seperti Wordpress, Blogger, TypePad, Moveable Type, DasBlog dan masih banyak yang lainnya. 

Itu sedikit penjelasan mengenai Open Live Writer. Selanjutnya pembahasan mengenai cara installasi Open Live Writer.
Untuk mendapatkan aplikasi Open Live Writer, pembaca dapat mengunjungi situsnya.

Situs : http://openlivewriter.org/

Untuk penginstallan awal. Open Live Writer membutuhkan koneksi internet agar dapat terhubung dengan blog pembaca. Jika pembaca menginstall Open Live Writer dalam keadaan Offline, ya tidak bisa.

Langkah – Langkah Menginstall Open Live Writer :

1. Double click pada Installer Open Live Writer untuk memulai installasi.

Screenshot_9

2. Kemudian pada Configure Open Live Writer, klik Next untuk melanjutkan instalasi, dan cancel untuk membatalkan instalasi.

Screenshot_1

3. What blog service do you use ? disini pembaca diminta untuk memilih service blog. karena pembaca merupakan blogger asal google, maka pilihlah Google Blogger, kemudian klik Next.

Screenshot_2

4. Langkah selanjutnya pembaca wajib melakukan Sign In blog pembaca. maka klik Sign In.

Screenshot_3

5. Disini pembaca diarahkan menuju akun google pembaca untuk melakukan proses penyetujuan penggunaan Open Live Writer pada akun pembaca. pilih Allow


Firefox_Screenshot_2016-07-28T13-01-30.333Z

Namun, jika pembaca sebelumnya belum Log In pada akun google, maka pembaca diarahkan menuju form log in dan selanjutnya mengikuti langkah 5.

6. Tunggu beberapa saat hingga muncul pemberitahuan seperti di bawah ini. Itu tandanya pembaca dibolehkan untuk menutup browser pembaca.


Screenshot_4 

7. Select Blog. Jika pembaca memiiki lebih dari satu blog dalam satu akun, pembaca akan diberi pilihan untuk memilih blog yang akan pembaca serahkan kepada Open Live Writer. Klik Next ya.


Screenshot_5_baru

8. Open Live Writer sedang melakukan pengaturan dan singkronisasi. Dituntut kesabaran.

Screenshot_6

9. Setelah itu, muncul pemberitahuan apakah pembaca akan mendownload template blog pembaca menuju Open Live Writer atau tidak. pilih saja Yes. namun TutorKacang meminta maaf karena tidak dapat memberikan screenshot nya.

10. Your Blog has been set up. pilih saja Finish biar cepat.


Screenshot_7

11. And Finally penginstallan Open Live Writer pun berhasil dilakukan.

Screenshot_8

Jika ada pertanyaan atau kendala silahkan coret-coret di komentar ya. Terima Kasih.

0 Response to "Menulis Artikel Blog Secara Offline Menggunakan Open Live Writer"

Post a Comment